Senin, 11 Desember 2017

AKHLAK ADALAH CERMINAN HATI.



(KALAU INGIN TAHU BAGAIMANA KEADAAN HATI SESEORANG MAKA LIHATLAH PADA AKHLAKNYA).


“Hidup Tanpa Akhlak dan Budi Pekerti yang baik,Maka ibadah kita akan sia-sia belaka,”

Akhlak Adalah Cerminan Hati,

Maka jika Baik Akhlak nya maka Akan Baik Pula Hatinya…

Tapi bila Buruk Akhlak Nya Niscaya Buruk pulalah Hatinya …

Akhlak Dapat Diibaratkan sebagai Atap..Setinggi Apapun Ilmu Seseorang Jika Ia Tidak Memiliki Akhlak Niscaya Tetap Ia Belum Termasuk Orang Yang Dimuliakan Allah.

Didalam Al Qur’an Allah Berfirman…

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

“Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.”
Syekh As Sa’dy Pernah Berkata,,Sesungguhnya Barang Siapa Yang Mencontohi Kehidupan Rasulullah Saw Sungguh dia telah menempuh jalan yang akan menyampaikan kepada Kemuliaan yang ada di sisi Allah.Itulah “Jalan Yang Lurus”…
Sebagaimana Sabda Nabi Saw…
INNAMA BU’ITSTU LI UTAMMIMA MAKAARIMAL AKHLAQ “sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan Akhlak (budi pekerti)”.

Sesungguhnya antara Akhlak dengan ‘Aqidah terdapat hubungan yang sangat kuat sekali. Karena Akhlak yang baik sebagai bukti dari Keimanan,dan akhlak yang buruk sebagai bukti atas lemahnya iman,semakin sempurna akhlak Seseorang berarti semakin kuat imannya.

Salah Satu Akhlak RASULULLAH SAW Yang Kini Telah Menghilang Pada Diri Umat Manusia (Islam) Adalah KASIH SAYANG,Sifat kasih sayang kepada sesama.

Pada Zaman Sekarang Ini,Sangat Langka Orang yang berhias dengan sifat tersebut,Padahal Sifat Rasulullah ini telah diceritakan oleh Allah di dalam Al-Qur’an…
لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُول مِنْ أَنْفُسكُمْ عَزِيز عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيص عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوف رَحِيم

“Sesungguhnya Telah Datang kepadamu Seorang Rasul dari Kaummu Sendiri,berat terasa olehnya penderitaanmu,sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan)bagimu,amat belas kasihan lagi Penyayang bagi Orang Orang Mukmin”.
Dalam Sebuah Riwayat,Rasulullah Saw Bersabda,,

“Bukan termasuk dari kami orang yang tidak menyayangi yang kecil dan menghormati yang besar.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi dari shahabat Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash).

Intinya Jika Seseorang Hidup Tanpa Memiliki Akhlak Maka Mustahil Lisan dan Hatinya akan Bijak.
Dan Apabila Seseorang Menjalani Hidup didunia Ini Tanpa Berkasih Sayang Sesama, Sungguh Pengakuannya Sebagai Umat Baginda Muhammad Saw Hanyalah DUSTA SEMATA MATA.

Ketahuilah,Tidak Akan Tercipta Kedamaian,Kemakmuran,dan Ketentraman dalam Sebuah Negeri Apabila PENGHUNINYA SALING HINA DAN CACI,saling MUSUH MEMUSUHI,DAN SALING BENCI MEMBENCI.
“KEDAMAIAN, KETENTRAMAN,DAN KEMAKMURAN ITU AKAN TERCIPTA JIKA UMAT HIDUP DENGAN SALING MENGHORMATI DAN SALING MENYAYANGI…..”
HIDUP DALAM BINGKAI KASIH SAYANG, INSYAALLAH NEGERI KITA AKAN MENDAPATKAN KEBERKAHAN
DAN TUMBUH KETAQWAAN PADA UMAT MAKA BERBUAH LAH KEMENANGAN.

WALLAHU’ALAM…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar