Senin, 02 Juli 2018

Dampak Buruk Dosa Atau Kemaksiatan Bagi Hati Dan Jasad



Sebagai manusia, tentu tidak lepas dari yang namanya dosa dan maksiat, namun banyak atau sedikitnya dosa yang dilakukan manusia pasti berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya, begitu pula tingkatan dosa yang dilakukan, ada dosa besar seperti zina, mencuri, syirik, riba, sihir, minum khamar, makan harta anak yatim, membunuh, durhaka kepada ortu atau semisalnya dan ada pula yang kecil seperti melihat aurat wanita yang bukan mahram, mengejek orang lain, prasangka buruk, menyentuh kulit wanita yang bukan mahram dengan sengaja, mendengarkan musik dan lagu-lagu yang mengundang syahwat sebagai sarana perzinahan atau semisalnya.
Masing-masing orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, ada yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk tidak jatuh dalam dosa ternyata terkadang jatuh pula, ada juga karena jahil hukum islam sehingga tanpa sadar jatuh dalam dosa, ada yang mengetahui sesuatu itu hukumnya dosa tetapi ia langgar karena hawa nafsu dan ada juga orang yang asyik dengan dosa dan masa bodoh dengan syariat, dia jauh dari ilmu dan ibadah, dan masih banyak fenomena-fenomena yang menimpa manusia.
Ternyata dosa dan kemaksiatan itu memiliki dampak buruk bagi hati dan jasad sebagaimana yang dituturkan oleh ulama besar Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah Rahimahullah dalam kitabnya “Adda’ Wa Addawa’/Penyakit Hati Dan Obatnya”.
Berikut point-point dari dampak buruk dosa bagi hati dan jasad:
1. Terhalangnya Ilmu
2. Terhalangnya Rizki
3. Keterasingan Yang Dirasakan Oleh Pelaku Maksiat Dalam Hatinya Dengan Allah
4. Keterasingan Antara Pelakunya Dengan Masyarakat
5. Urusan-Urusannya Berubah Menjadi Sulit
6. Kegelapan Yang Dirasakan Pelakunya Di Dalam Hatinya Secara Hakiki
7. Bahwa Kemaksiatan-kemaksiatan Itu Melemahkan Hati dan Badan
8. Tertutupnya Pintu Ketaatan
9. Bahwa Kemaksiatan Itu Memangkas Umur dan Menghapus Keberkahan umur
10. Kemaksiatan Menumbuhkan Kemaksiatan Lain Yang Sepertinya
11. Kemaksiatan Itu Melemahkan Keinginan Hati Hamba Untuk Berbuat Kebaikan dan Menguatkan Keinginan Untuk Berbuat Maksiat
12. Tercabutnya Perasaan Dari Dalam Hati Bahwa Kemaksiatan Itu Buruk
13. Bahwa Setiap Kemaksiatan Dari Kemaksiatan-Kemaksiatan Yang Dilakukan Manusia Adalah Warisan Umat Dari Umat-umat Terdahulu Yang Dengannya Allah Binasakan Mereka Seperti Homoseksual Warisan Kaum Luth, Kesombongan dan Keangkuhan Warisan Fir'aun dan Kaumnya.
14. Seorang Hamba Senantiasa Berbuat Maksiat Hingga Maksiat Itu Menjadi Remeh Baginya dan Kecil Menurut Kata Hatinya
15. Bahwa Dampak Buruk Kemaksiatannya Menimpa Makhluk Allah Lainnya Berupa Manusia dan Hewan-hewan
16. Kemaksiatan Menyebabkan Kehinaan
17. Kemaksiatan Merusak Akal
18. Bahwa Dosa-Dosa Itu Apabila Telah Menumpuk, Niscaya Ditutuplah Hati Pelakunya, Lalu Akibatnya Dia Termasuk Orang-orang Yang Lalai
19. Bahwa Dosa-dosa Memasukkan Hamba Ke Dalam Laknat Rasulullah Shalallahu’alahi Wassalam Seperti Laknat Rasulullah Kepada Orang Yang Bertato, Mencukur Alis, Pemakan Riba, Pencuri Dan Lain Sebagainya.
20. Terhalangnya Doa Rasulullah dan Doa Para Malaikat Untuk Pelaku Maksiat
Wallahu A’lam. Semoga Allah Menjaga Kita Dari Dosa Dan Kemaksiatan.

Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar