Minggu, 12 Agustus 2018

Aceh Gelar Muzakarah Ulama Tauhid Sufi Sedunia



Foto : Acara Muzakarah Ulama Tauhid Sufi Internasional di Banda Aceh

Banda Aceh | Pemerintah Aceh menggelar Muzakarah Ulama Tauhid Sufi Sedunia yang berlangsung di Banda Aceh 13-16 April 2018, acara pembukaan berlangsung di Lapangan Tugu Darussalam, Jumat malam ( 13/07/2018 ).

Kegiatan bertaraf internasional ini diprakarsai oleh para ulama Aceh yang tergabung dalam Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf (MPTT) yang diikuti ratusan ulama se-Aceh, serta dari dalam dan luar negeri. Dan akan ditutup dengan zikir akbar terbuka untuk umum yang berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (16/7) malam.

Dari data yang di terima dari Ketua panitia acara ini, DR Munawar A Jalil, mengatakan 900 ulama yang sudah diundang, selain dari Aceh, juga dari sejumlah provinsi lainnya di Indonesia, semua negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan negara di Afrika. 

Tema muzakarah “Tauhid Sufi Membangun Manusia Berakhlak Mulia”. Sedangkan pemateri 12 ulama dan akademisi dari Aceh, dalam dan luar negeri, seperti Prof Yusny Saby (Guru Besar UIN Ar-Raniry), Syekh Dr Azis Kobaiti (Maroko), Syekh Dr Mahmoud Abu Al-Hauda (Syria), dan KH Zein Djarnuji (Jawa Barat).

Acara Muzakarah ini dipimpin langsung oleh Abuya Syech H.Amran Wali Al Khalidi dengan  Organisasinya Majlis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia ( MPTT-I). Acara ini di selenggarakan oleh Pemerintah Aceh yang di hadiri oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah dan di ikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Provinsi Aceh bahkan dari luar Aceh. 

Gubernur MPTTI Aceh, Ir.H Azhar Abdurrahman disela acara ke media ini mengatakan kegiatan ini merupakan acara yang sangat bersejarah, karena Aceh telah mampu mempersatukan Ulama-ulama dalam Sufi di berbagai daerah bahkan Internasional. 

" Acara ini merupakan sebuah sejarah besar, karena Aceh telah mampu mempersatukan ulama-ulama dalam Sufi di berbagai daerah bahkan Internasional," kata Azhar Abdurrahman. 

Di akhir, ia mengharapkan kegiatan ini berlangsung dengan aman, lancar dan khidmat meski dalam suasana angin dan hujan. Semoga dengan kehadiran Abuya Syech H.Amran Wali Al Khalidi bersama dengan Ulama - ulama  ke lapangan tugu akan memberi kelancaran acara ini.Tutup Azhar Abdurrahman.[MH]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar